Bantuan


Panduan Penggunaan

Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 09 Tahun 2010 tentang Tata Cara Pengaduan dan Penanganan Pengaduan Akibat Dugaan Pencemaran dan/atau Perusakan Lingkungan Hidup.
[ Download Dokumen PerMen LH ]

Berikut panduan pengguanaan SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PENGADUAN, yaitu :


  1. Silakan untuk mendaftar dengan mengakses halaman daftar atau dengan melalui aplikasi Android SIPP yang dapat diunduh di link berikut ini.
  2. Setelah mendaftar, lakukan proses login.
  3. Lengkapi data profil pribadi anda, sesuai dengan form yang sudah disediakan.
    *) Proses Tambah Pengaduan dapat dilakukan hanya ketika seluruh data profil anda sudah lengkap
  4. Pilih menu tambah pengaduan untuk melakukan proses pembuatan laporan pengaduan.
  5. Lengkapi form yang sudah disediakan,
    halaman 1 - Informasi umum pengaduan (Jenis Kejadian, Sebab & Akibat, dsb)
    halaman 2 - Waktu & Lokasi kejadian
    halaman 3 - Foto kejadian (Minimal 1 foto)
    halaman 4 - Foto dokumen pengaduan sebelumnya (jika pernah diadukan ke instansi lain, opsional)
  6. Click Button Save/Simpan untuk menyimpan dan mengajukan Laporan Pengaduan Anda.
  7. Anda akan mendapatkan Kode Aduan yang dapat digunakan untuk melakukan pelacakan pada menu Lacak Aduan.
    *) Menu ini dapat diakses di halaman web atau aplikasi android.
  8. Lakukan pengecekan berkala untuk memastikan sudah sejauh mana proses Laporan Pengaduan anda berjalan.
    *) Hubungi pihak DLH jika ditemukan kesulitan, dan semacamnya melalui kontak yang tersedia.


FAQ

Periksa topik dibawah ini untuk menemukan apa yang Anda cari.


  1. Bagaimana cara mendaftar menjadi pengadu?

    Akses menu Login/Register, kemudian isi data pada form register untuk mendaftar sebagai pengadu.

  2. Berapa lama proses penanganan pelaporan pengaduan anda?

    Secara normal dalam waktu 30 Hari kalender, terhitung pengaduan anda diregister.

  3. Bagaimana jika pengaduan anda di tolak?

    Anda harus memperbaiki pengaduan tersebut maksimal 3x24 jam (3 hari) dari tanggal penolakan, karena jika anda tidak memperbaiki dalam range waktu 3 hari, pengaduan anda akan otomatis dibatalkan oleh sistem. Sehingga anda harus membuat pengaduan yang baru.

  4. Bagaimana cara mengetahui perkembangan proses pengaduan tanpa harus login ke dalam sistem?

    Anda cukup masukkan kode pengaduan anda pada area pencarian yang terdapat pada halaman beranda. Maka sistem akan menampilkan detail pengaduan anda berikut status tahapannya sudah sampai mana.


Alamat

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat

Gedung BPKAD Jl. Kawaluyaan Indah II No. 6 Bandung

Kontak

022-87353565

Whatsapp : -

pengaduan.dlhjabar@gmail.com